close
CulturePalembangSumatera Selatan

Belajar Filosofi dan Adat Istiadat dari Rumah Limas

 

 

Taukah teman-teman bahwa rumah yang terdapat pada gambar di lembar uang sepuluh  ribuan emisi 2005 dan 2010 adalah Rumah Limas Palembang?  Rumah ini berada di Kompleks Museum Balaputra Dewa, Jalan Srijaya I no. 288 Km 5,5 Palembang.

Rumah Limas merupakan rumah tradisional khas Provinsi Sumatera Selatan. Dari namanya, pastinya rumah ini berbentuk limas. Bangunannya bertingkat-tingkat dan mempunyai filosofi budaya tersendiri untuk setiap tingkatnya. Tingkat-tingkat ini disebut masyarakat sebagai bengkilas.

Asli!

Adat yang kental sangat mendasari pembangunan Rumah Limas. Tingkatan yang dimiliki rumah ini disertai dengan lima ruangan yang disebut dengan kekijing. Hal ini menjadi simbol atas lima jenjang kehidupan bermasyarakat, yaitu usia, jenis, bakat, pangkat dan martabat. Detail setiap tingkatnya pun berbeda-beda.

Ada satu hal yang menarik ketika saya berkunjung ke sini.  Di dalam rumah limas terdapat Timbangan Cinta. Timbangan ini berbentuk timbangan yang dibalut kain songket berwana merah,  digunakan saat ritual adat pernikahan di kalangan bangsawan Palembang.

Timbangan Cinta

Pemandu yang mendampingi saya bercerita, saat akad nikah mengantin pria duduk bersimpuh di depan salah satu sisi timbangan, sementara di sisi lain timbangan diletakan sebuah Al Quran. Pengantin pria akan menaruh tangan di timbangan yang kosong dan dengan perlahan menekannya ke bawah sampai seimbang dengan tinggi sisi yang ada Al Quran, sambil bersumpah setia kepada mempelai wanita.  Tradisi ini bertahan di kalangan bangsawan Palembang. So sweet!

Banyak adat budaya Palembang yang bisa dipelajari di Rumah Limas ini.  Tertarik? Mari berkunjung ke Palembang.

Detail filosofi Rumah Limas Palembang bisa dibaca di sini.

ivone

The author ivone

2 Komentar

  1. Rumah Limas merupakan rumah tradisional khas Provinsi Sumatra pastinya rumah ini berbentuk limas. Bangunannya bertingkat-tingkat dan mempunyai filosofi budaya tersendiri untuk setiap tingkatnya. Tingkat-tingkat ini disebut masyarakat sebagai bengkilas.
    apa maksud dari bengkilas?

Leave a Response