close

Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, memiliki banyak objek wisata yang menarik perhatian untuk dikunjungi. Kabupaten ini dikenal dengan sebutan Kota Seribu Air Terjun dan Megalith. Selain objek wisata air terjun dan megalith, Lahat juga memiliki sebuah destinasi wisata unik yaitu Taman Batu Organik yang berada di Desa Bandu Agung, Kecamatan Muara Payang.

Untuk mencapai taman ini, kita harus berjalan kaki melalui jalan setapak di antara kebun kopi milik warga, selama lebih kurang 20 menit. Taman Batu Organik ini terdiri dari bebatuan yang terbentuk secara alami.

Taman Batu Organik
Photo Credit: Ellyan Firmas

Pemilik taman ini adalah Pak Damsi, yang telah lama melakukan proses pembuatan taman dari bebatuan yang ada di sekitarnya. Batu-batu tersebut ia gali dari dalam tanah kemudian disusun tanpa menggunakan semen, tali pengikat atau perekat lainnya.

Seperti berjodoh, bebatuan ini bisa disusun dengan baik membentuk ornamen-ornamen yang diinginkan. Pak Damsi menyusun taman ini sejak tahun 1980. Awal mulanya beliau mengerjakan penggalian batu dan menyusunnya sendirian, namun kini beliau telah memiliki beberapa orang murid atau asisten yang membantunya menyusun dan merawat taman.

Selain rangkaian bebatuan, di sini juga ditanami bunga, sayuran dan buah organik, menambah indah suasana taman seluas dua hektar tersebut. Beberapa filosofi dapat kita ambil dari proses pembuatan taman ini, yaitu ketekunan, kesabaran dan bahwa setiap mahluk memiliki pasangannya.

Taman Batu Organik
Photo Credit: Ellyan Firmas

Untuk mencapai lokasi ini, traveler dapat menggunakan moda transportasi kereta dari Stasiun Kertapati Palembang menuju Stasiun Lahat, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Muara Payang. Bisa juga menggunakan kendaraan roda dua atau empat dari Palembang langsung ke Taman Batu Organik.

Tags : lahattaman batu organik
ivone

The author ivone

Leave a Response