close
BaligeCultureSumatera Utara

Onan Balige, pasar tradisional tempat membeli oleh-oleh di Balige.

Saat ke Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, kita tidak hanya bisa melihat keindahan Danau Toba dari sisi selatan tapi juga bisa membeli oleh-oleh kain tenun dan ulos di pasarnya yang memiliki desain tradisional yang menawan .

Pasar Balige atau biasa disebut Onan Balige memiliki enam balairung atau bangsal dengan desain atap dan ukiran  khas rumah adat Batak. Awalnya balairung ini merupakan tempat para raja dan tokoh masyarakat bermusyawarah. Pada tahun 1936, fungsi balairung tidak hanya tempat musyawarah namun juga menjadi tempat jual beli ulos dan hasil bumi.

Pasar Balige
Desain eksterior bergaya tradisional yang menawan

Dalam sejarah, Balige memiliki peran yang besar dalam bidang ekonomi di kawasan Danau Toba dan Tapanuli. Wilayah Balige yang strategis menjadikan kota ini sebagai pusat perdagangan, terutama setiap hari Jumat diadakan pekan di sini. Itulah mengapa pasar ini telah berdiri sejak lama.

Jika traveler ingin membeli oleh-oleh berupa ulos atau tenun khas Batak, dapat mampir ke Onan Balige yang beroperasi mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Ulos atau tenun yang dijual tidak hanya berupa sarung, tapi ada juga yang berbentuk ikat kepala, syal, taplak meja dan hiasan dinding. Souvenir ini dijual mulai 20 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Ulos
Para pedagang ulos dan kain tenun dapat kita jumpai pada bagian depan Onan Balige, di dekat gerbang utama.

Lokasi Onan Balige yang strategis di Jalan Sisingamangaraja di pusat Kota Balige, memudahkan kita untuk mencarinya. Balairung yang menjual souvenir berada pada bagian paling depan. Jika traveler masuk dari gerbang utama, akan langsung tampak ulos dan tenun dipajang di lapak para pedagang. Pedagang di sini ramah-ramah lho. So, kalau ke Balige jangan alpa membeli oleh-oleh di sini ya.

Ulos
Ulos dan tenun cantik yang bisa kita jadikan oleh-oleh
ivone

The author ivone

Leave a Response