close
Jawa TengahSemarang

Lezatnya Gulai Kepala Ikan Manyung Asap di Semarang.

Semarang selalu menarik untuk dijelajahi. Bertandang ke ibu kota Jawa Tengah ini, selain berwisata sejarah, kita juga bisa mencicipi beragam kuliner tradisionalnya, seperti lunpia, soto, hingga seafood. Ketika traveling ke Semarang, selain menikmati kuliner yang sudah sangat populer tersebut, saya juga bertualang rasa mencicipi  Gulai  Kepala Ikan Manyung.

Gulai Kepala Ikan Manyung Asap Semarang
Gulai Kepala Ikan Manyung Asap

Ikan Manyung adalah ikan laut dari bangsa ikan berkumis (siluriformes). Tubuh Ikan Manyung biasanya dijadikan ikan asin, di pasaran lebih dikenal dengan nama Ikan Asin Jambal Roti, sedangkan bagian kepala dijadikan ikan asap. Nah, kepala Ikan Manyung yang telah diasapi inilah yang dijadikan gulai.

Ada satu tempat makan Gulai Kepala Ikan Manyung yang cukup legendaris, yaitu Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat. Warung makan yang berada di Jalan Ariloka No. 36, Semarang, ini buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga pukul 9 malam.

Bu Fatimah, pendiri rumah makan ini, telah meninggal dunia 20 tahun yang lalu. Kini, rumah makan ini dikelola oleh Bu Wati (50 th), putri kedua Bu Fatimah. Menurut Bu Wati, dulu ibunya menjual mendoan dan pecel di sebuah warung tenda. Setelah menjadi juara I lomba kuliner di Semarang pada tahun 2009, Bu Fatimah membuka warung makan dan menjual Gulai Kepala Ikan Manyung. Bahan baku berupa kepala Ikan Manyung asap didatangkan dari Demak, karena kualitasnya lebih baik dibandingkan daerah lain. Tak dinyana, menu ini menjadi kondang hingga kini.

Warung Makan Bu Fat Semarang
Warung makan yang selalu ramai

Aroma ikan asap berpadu dengan kuah gulai yang tidak terlalu kental, memberikan sensasi rasa tersendiri. Seporsi Gulai Kepala Ikan Manyung dihargai Rp. 80.000 – Rp. 120.000, tergantung besarnya kepala ikan. Seporsi ikan bisa untuk 2 sampai 3 orang. Rata-rata beratnya sekitar setengah kilogram. Rasanya yang lezat membuat menu ini menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Dalam sehari, warung makan yang telah berusia 30 tahun ini bisa menjual 100 kg kepala Ikan Manyung, lho.

Ingin menikmati Gulai Kepala Manyung? Datanglah ke Semarang dan rasakan sendiri kelezatannya.

Tags : Gulai Kepala Ikan ManyungKulinerSemarang
ivone

The author ivone

Leave a Response